BB Messenger : 296 72 42D
info@ukafahrurosid.com

Sumber Daya Manusia



Sumber Daya Manusia




Perusahaan menempatkan sumber daya manusia (SDM) sebagai human capital sehingga karyawan merupakan salah satu elemen utama perusahaan yang harus ditatakelola secara baik demi mendukung upaya pencapaian target-target perusahaan yang telah ditetapkan. Tata kelola sumber daya manusia meliputi antara lain kegiatan perencanaan, pengembangan, dan manajemen organisasi. Aspek-aspek tersebut sangat erat sekali sehingga sulit untuk dipisahkan satu dengan lainnya dan penerapannya pun harus dilakukan secara cermat, konsisten dan berkesinambungan.

Perubahan lingkungan bisnis yang dinamis mengharuskan perusahaan mentransformasikan kembali sinergi bisnisnya untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan lain yang tentunya memerlukan dukungan SDM yang kompeten dan memadai jumlahnya. Transformasi strategi SDM dimulai dengan melakukan evaluasi jabatan yang ada di perusahaan dan memperbaiki sistem penilaian kinerja karyawan dengan Key Performance Indicator mulai dari Direksi sampai Staf per individu. Perbaikan sistem penilaian kinerja diikuti pula dengan penyempurnaan sistem remunerasi yang dimaksudkan untuk memotivasi seluruh karyawan melalui sistem imbal jasa yang berkeadilan dan seimbang, baik yang bersifat finansial maupun non-finansial. Keadilan dan keseimbangan tersebut diharapkan dapat dicapai melalui pemberian imbal jasa yang konsisten sesuai dengan kompetensi dan kontribusinya.

Perusahaan sangat memperhatikan dan memberikan apresiasi kepada karyawan yang telah memberikan kontribusi kinerja yang terbaik terhadap perusahaan. Hasil penilaian kinerja tersebut akan dijadikan dasar untuk melaksanakan Training and Development dan Succession Planning (Jenjang Karir).

Biaya pelatihan dan pengembangan SDM bisa menjadi sangat mahal, namun perusahaan sangat melihat program ini sebagai sarana untuk memotivasi karyawan dalam meningkatkan kontribusi kinerja bagi perusahaan. Pelaksanaan pelatihan dan pengembangan SDM diawasi secara ketat melalui metode Training Need Analysis (TNA).

Succession Planning diwujudkan dalam bentuk usulan promosi maupun peningkatan peringkat jabatan (job grade). Usulan promosi dapat diberikan apabila terdapat formasi atas jabatan tertentu dan karyawan telah memenuhi persyaratan dari aspek kepangkatan serta job person match-nya. Karyawan dapat diusulkan untuk mendapat promosi dalam hal hasil evaluasi kinerja dalam 2 (dua) tahun terakhir minimal berada pada rating sangat bagus.

Baca Juga Artikel Terkait







Tinggalkan Komentar



0 Respones to "Sumber Daya Manusia"

Poskan Komentar

Previous Article Next Article
Home
 

About Me - Administrator

Admin Netpreneur Blog Indonesia - Ukafahrurosid.com
UKA FAHRUROSID
a 29 years old. I've completed college degree from Education University of Indonesia (UPI)-Bandung, West java, Indonesia in 2011.
Learn on this blog since 10th of November 2008. Now, just to innovate to make Netpreneur Blog Indonesia has many visitors, so my main goal in blogging can be achieved is to optimize blogs as a means of promotion, income and relationships.